Membangun Low Budget Home Recording

Ingin memulai membangun sebuah Home Recording namun Anda terkendala dengan budget yang minim?

Ok. Disini Saya akan sedikit memberi pencerahan bagi Anda pemula atau profesional yang ingin membangun sebuah home recording namun dengan budget yang minim. Pada dasarnya perlengkapan dan peralatan untuk keperluan profesional home recording cukup murah, namun di mata orang yang tidak paham akan kualitas akan terlihat sangat mahal.

Langsung pada poinnya saja. Apa saja yang dibutuhkan untuk membangun sebuah Home Recording?

1. Laptop/PC

Laptop/PC digunakan sebagai perangkat untuk merekam, mengedit audio dan juga sebagai host DAW (Digital Audio Workstation). Kebanyakan para profesional memilih untuk menggunakan MacBook Pro sebagaiperangkat mereka. Tetapi karena harganya terbilang masih cukup mahal dikalangan pemula maupun profesional yang lowbudget.

Karena ini membahas low budget home recording, maka Saya menyarankan Anda untuk memulainyadengan menggunakan laptop/PC biasa dengan sistem operasi Windows/Linux, walau tak dipungkiri Anda nantinya akan upgrade. Mengingat kebutuhan source untuk DAW cukup tinggi Saya menyarankan spesifikasi laptop/PC dengan processor minimal 2.0GHz Dual core, Ram 4GB, HDD 500GB.

2. Digital Audio Workstation (DAW)

DAW adalah sistem elektronik yang satu-satunya dirancang untuk proses rekaman, editing dan playback digital audio. DAW pada dasarnya tape-less, sistem yang berbasis mikroprosesor seperti Synclavier. Perangkat DAW saat ini berjalan pada komputer dengan perangkat interface audio. (Dikutip dari: http://www.academia.edu/4857282/DIGITAL_AUDIO_WORKSTATION_DAW_).

DAW merupakan sebuah software aplikasi dimana Anda nanti akan melakukan pengolahan audio baik itu merekan, mengedit, dan melakukan mixing audio sampai ke produksi (rendering audio). Software DAW populer kebanyakan adalah software berbayar seperti FLStudio, Cubase, Reasons, dll..

Namun ada beberapa DAW gratis yang bisa Anda jadikan sebagai alternatif, seperti LMMS, Ardour, Zynewave Podium, Audacity, dll.. Khusus untuk OS linux ada beberapa DAW yang Saya rekomendasikan karena sudah Saya coba sendiri bisa dilihat diSini.

3. Audio Interface (soundcard)

Menggunakan Soundcard bawaan sebenarnya tidak menjadi masalah, namun Soundcard bawaan seringkali menimbulkan ground noise terutama PC, dan seringkali menimbulkan latency/delay saat proses recording.

Untuk hasil yang maksimal Saya menyarankan untuk tetap menggunakan Audio Interface USB dengan fitur low latency. Salah satu Audio Interface yang menjadi rekomendasi Saya untuk sebuah low budget Home Recording adalah Mixer Behringer Xenyx 302 USB.

low budget home recording

Untuk sebuah mixer 5 input (1 xlr, 4 rca), dengan 16v panthom power pada koneksi jack xlr nya cukup murah dipasaranya. Harga pasaran berkisar 700-900rb. Namun tidak disarankan menggunakan mic condenser dengan kebutuhan panthom power +48v seperti Samson C01. Jika Anda tidak menghendaki penggunaan Audio Interface USB, Anda bisa menggunakan Mic USB sebagai alternatif

4. Microphone

Bagi Anda yang lowbudget, dan tidak memiliki ruang terisolasi (kedap suara), Anda dapat memilih menggunakan mic bertipe dynamic/membran seperti SM57/SM58 atau mic karaoke pada umumnya. Hal ini dikarenakan karakteristik mic dynamic hanya akan menangkap suara yang bersumber dari depan membran. Tidak halnya dengan mic condenser yang mampu menangkap suara bahkan sampai dengan jarak 10 meter.

5. Headphone

Setiap Home Recording tidaklah lengkap jika tanpa perangkat satu ini. Headphone berfungsi untuk monitoring ketika proses rekaman maupun editing track. Anda bisa menggunakan headphone dengan harga antara 50-200rb an walau hasil output suara kadang tidak bisa jujur, ada beberapa frequensi yang di boost dan di cut.

6. Speaker Monitor

Anda bisa menggunakan Speaker Stereo dengan subwoofer seharga 100-300rb, tapi ingat hasil output biasanya tidak jujur. Terlalu banyak di boost di freq bass. Namun karena lowbudget ini bisa menjadi alternatif.

 

Mungkin cukup sekian Tips dari Saya bagaimana membangun sebuah Lowbudget Home Recording.