Error Saat Koneksi Midi Controller

MIDI Controller tidak terdeteksi? Bagaimana cara memperbaikinya?

Apa itu MIDI Controller? MIDI Controller merupakan Alat musik yang dapat dimainkan layaknya keyboard musik. Keyboard diintegrasikan dengan komputer/tablet pc yang terdapat perangkat lunak khusus, kita dapat mengontrol perpindahan suara itu seperti panambahana efek, pads pada software midi sequencer.

Pada artikel ini Saya akan sedikit membagi tips ketika perangkat MIDI Controller gagal konek / terdeteksi oleh software DAW padahal driver sudah ter-install di windows.

midi controller tidak konek

Disini Saya akan membagi pengalaman Saya bagaimana melakukan troubleshoot masalah diatas.

Perangkat MIDI Controller gagal konek / terdeteksi oleh software DAW padahal driver sudah ter-install di windows, biasanya terjadi pada perangkat PC yang pertama kali tersambung ke perangkat MIDI Controller. Masalah seperti diatas biasanya terjadi karena error pada Registry Windows.

Pada kasus ini Saya menggunakan KORG Microkey-25, OS Win7 32bit dan DAW FL Studio. Biasanya Saya menggunakan OS Linux dan DAW LMMS tidak pernah mengalami masalah seperti diatas. Hingga suatu ketika Saya mendapatkan project yang mengharuskan Saya menggunakan software FL Studio.

Berikut langkah-langkah bagaimana cara memperbaikinya.

Pertama buka Registry Editor di Windows dengan cara tekan [Windows]+R pada keyboard komputer Anda. Kemudian ketikan ‘regedit’ dan tekan [Enter].

midi controler gagal konek

Kemudian masuk ke direktori: HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\WindowsNT\Drivers32\

error midi controller

Disitu terdapat banyak midi1, midi2, midi3 dan seterusnya. Biasanya beda komputer lain jumlahnya.

Error deteksi terjadi karena banyaknya value midi pada Drivers32. Langkah selanjutnya adalah, hapus value ‘midi1’, ‘midi2’ dan jangan hapus value ‘midi’.

screenshot_9

Setelah itu silakan reinstall Driver MIDI Controller Anda, kemudian cek lagi Drivers32 pada registry editor apakah driver sudah terinstall. Jika sudah akan ada value midi1 baru. Kemudian cek pada DAW Anda apakah sudah terkoneksi dengan baik.

screenshot_8

Jika Perangkat MIDI Controller Anda sudah berhasil terdeteksi dengan langkah-langkah diatas, Selamat artikel ini sudah cukup membantu Anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *