Tips Simple Mixing Vocal

3 hal simple yang perlu dilakukan setelah merekam suara vocal (vocal recording).

Kebanyakan orang yang baru memasuki dunia sound enginering(SE)/recording pasti pernah mengalami kebingungan ketika hasil mixing vocal hasilnya terdengar kurang memuaskan. Hal ini terbukti dengan banyaknya pertanyaan di forum SE facebook maupun di forum lain yang menanyakan: “cara mixing vocal gimana yah?”, “master bagi tips dong cara mixing vocal”, “efek yg dipake mixing vocal apa aja ya?”, dan pertanyaan semisal lainya..

Nah, Disini Saya akan sedikit berbagi tentang apasaja yang biasa saya lakukan ketika mixing vocal.

1. Menambahkan effect Compressor

tips simple mixing vocal

Dalam suara vocal, biasanya penyanyi memiliki dinamika alami, dimana terkadang suara penyanyi sangatlah kecil namun sesekali terdengar terlalu keras (Dinamic range yang kelebihan/kurang).

Compressor adalah salah satu perlengkapan penting yang akan Anda temui di DAW manapun. Lalu apakah fungsi dari compressor? Fungsi utama dari Compressor adalah untuk mengurangi atau menambahkan dynamic range yang berlebihan/kurang. Setiap Dynamic Range di level/kekerasan suara itu berbeda ada yang terlalu keras dan lemah pada setiap bagian lagu.

2. Mengatur freq pada Equalizer

tips mixing vocal

Equaliser adalah tool utama untuk mengatur atau mengubah suatu bunyi berdasarkan pengaturan gain di area frekuensi kerjanya. Pengaturan equaliser inilah yang menjadikan suatu bunyi menjadi terdengar enak, nyaman, alami untuk didengarkan. Mengatur equaliser pada track vocal juga bertujuan agar frekuensi suara pada vocal tidak bertabrakan dengan track lain (instrument).

mixing vocal

Biasanya pada saat mixing vocal track vocal diatur gain kecil pada frequensi bass (bass cut), dan besar pada sebagian frequensi midle dan treble/high (mid/high boost).

3. Menambahkan effect Revreb

fls_work9_picture11-1024x476

Reverb adalah perangkat yang digunakan pada sinyal audio untuk menciptakan atau mensimulasikan sebuah dimensi ruang. Efek ini dapat membuat hasil rekaman vocal Anda nampak alami seperti berbicara/bernyanyidalam ruangan sekitar kita.

4. Atur Volume dan Panning

Terakhir Anda tinggal atur volume dan panning track vocal Anda sesuai kebutuhan agar hasil mixing Anda terdengar balance dan enak terdengar.

Biasanya pada mode stereo sudah enak didengar belum tentu saat mode mono enak terdengar. Lakukan tes dengan memutar hasil rekaman Anda pada mode mono atau gunakan speaker mono (ex. speaker hp). Karena jika sudah enak terdengar pada mode mono, biasanya akan enak didengar pada mode stereo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *